Pelibatan Masyarakat dalam Keberlanjutan dan Keamanan Suplai Air (Water Security) di DAS Citanduy dalam Perspektif Hukum Lingkungan

Pelibatan Masyarakat dalam Keberlanjutan dan Keamanan Suplai Air (Water Security) di DAS Citanduy dalam Perspektif Hukum Lingkungan

Pelibatan Masyarakat dalam Keberlanjutan dan Keamanan

Suplai Air (Water Security) di DAS Citanduy dalam Perspektif Hukum Lingkungan

 

 

Tujuan program ini adalah untuk memberikan sosialisasi, pelatihan, dan manajemen pengelolaan DAS yang sederhana dan aplikatip kepada masyarakat tentang perspektif hukum lingkungan dalam rangka keberlanjutan suplai air bersih di DAS Citanduy.

Manfaat program ini adalah terciptanya pemahaman masyarakat dan tindakan kongkrit manajemen konservasionis atas pentingnya partisipasi masyarakat dalam mendukung keberlanjutan suplai air bersih di DAS Citanduy.

Lokasi

Dusun Cikadu, Desa Gurenteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

 

Keberhasilan Program

  • Melakukan program penanaman sekitar 21.000 pohon dan melibatkan masyarakat untuk proses penanaman pohon di DAS Citanduy tersebut.
  • Membuat masyarakat menjadi peduli akan lingkungan.
  • Mengeluarkan Peraturan Dusun yang mengatur mengenai pemberian sanksi bagi masyarakat yang melakukan pengerusakan lingkungan.
  • Sekitar 10 sampai 20 orang warga dusun rutin melakukan gotong royong untuk menjaga kebersihan dan kelestarian dan pemeliharaan pohon di sekitar lokasi DAS Citanduy.

 

Tindak Lanjut Kegiatan

  • Terjalin kerjasama antara Universitas Indonesia dengan Pemprov Jabar dalam mereplikasi program tersebut dalam penanganan DAS Citanduy dan DAS lainnya di Jawa Barat.
  • Program ini dapat dijadikan sebagai pilot project untuk nantinya bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

 

image001 image005 image004

Bibit Pohon Siap Tanam

image007 image009 image011 image013

Proses Penanman Pohon