Membangun Jejaring Peneliti di Turki dan Partisipasi dalam Konferensi Ilmiah di Portugal

image
By On Senin, Juli 31 st, 2017 · no Comments · In ,

Membangun Jejaring Peneliti di Turki dan Partisipasi dalam Konferensi Ilmiah di Portugal

Pada bulan Mei 2017, Universitas Indonesia telah mendapatkan penghargaan dari Islamic Development Bank (IDB) Prize for Science and Technology. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dari IDB untuk institusi/badan/lembaga pada negara-negara anggotanya yang telah berhasil meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakatnya melalui pemanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Selain plakat dan sertifikat, UI juga mendapatkan hadiah (prize) berupa uang tunai sebesar US$ 100.000 (~ Rp 1,3 Milyar). Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI sebagai pengusul proposal untuk prize tersebut mengalokasikan hadiah tersebut untuk tiga (3) kegiatan utama, yaitu : (1) penerapan dan pemanfaatan IPTEK sivitas akademika UI pada program dan kegiatan pengabdian masyarakat, (2) peningkatan capacity building dari staff DRPM UI dalam mengelola (management) riset dengan melakukan benchmark pada univeritas-universitas terbaik di Asia Tenggara; dan (3) peningkatan jejaring kerjasama riset dengan universitas-universitas di negara-negara anggota IDB dan universitas lainnya yang potensial.

Untuk merealisasikan kegiatan terakhir (No. 3), DRPM UI mengirimkan delegasinya ke Turki dan Portugal pada tanggal 17-22 Juli 2017. Delegasi DRPM UI yang berangkat ke Turki terdiri dari Dr. Dede Djuhana (Kasubdit Perencanaan dan Pengembangan Riset DRPM UI), Dr. Chairul Hudaya (Dosen Departemen Teknik Elektro) dan Dr. Ahmad Gamal (Dosen Arsitektur). Sementara itu Direktur DRPM UI, Prof. Heri Hermansyah melakukan peningkatan jejaring kerjasama bersamaan dengan keikutsertaannya dalam Konferensi Internasional pada the 4th International Conference on Energy and Environment Research di Porto, Portugal.

Kunjungan Delegasi DRPM UI ke Turki dan Northern Cyprus

Gambar 1. Delegasi DRPM UI, Dr. Dede Djuhana, Dr. Chairul Hudaya dan Dr. Ahmad Gamal ketika berdiskusi mengenai kerjasama riset dan peningkatan publikasi ilmiah dengan Prof. Tanay Sidki Uyar dari Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknologi, Marmara University (18/07/2017).

 

Delegasi DRPM UI ke Turki telah mengunjungi 3 (tiga) universitas yang berpredikat baik yaitu Marmara University di Istanbul, Middle East Technical University (METU) di Northern Cyprus dan Istanbul Technical University (ITU) di Istanbul.

Di Marmara University, delegasi DRPM UI bertemu dengan Prof. Dr. Tanay Sidki Uyar dari Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknologi. Prof. Tanay adalah professor senior bidang energi terbarukan dan juga Presiden EUROSOLAR, Asosiasi Energi Terbarukan Eropa cabang Turki.

Pada kesempatan tersebut, Delegasi DRPM UI mempresentasikan maksud kedatangannya sekaligus mendiskusikan kerjasama peningkatan publikasi ilmiah dengan cara penyelenggaraan workshop khususnya untuk bidang energi dan lingkungan.

Sesuai dengan keahlian pada bidangnya, Prof. Tanay menyarankan untuk menyenyelenggarakan workshop mengenai Roadmap Towards Zero CO2 Emission for Jakarta City, yang menghimpun makalah-makalah dari para pihak terkait. Selanjutnya, sesuai pengalamannya dalam membuat buku serupa, makalah-makalah tersebut dapat diajukan ke penerbit yang terindex. Hal ini sejalan dengan rencana program yang akan dilaksanakan oleh SMART CITY Center for Collaborative Research (CCR) yang berjalan dibawah naungan DRPM UI.

Keesokan harinya 19 Juli 2017, delegasi DRPM UI berangkat ke kampus METU di Northern Cyprus. Delegasi diterima oleh Prof. Murat Fahrioglu dari Department of Electrical and Electronic Engineering dan Prof. Onur Taylan dari Department of Mechanical Engineering. Prof. Murat adalah Director of Renewable Energy Design and Applications Research Group (REDAR) dan Board Member for the Commission of Renewable Energy (Ministry of Energy) Turkish Republic of Northern Cyprus.

Gambar 2. Delegasi DRPM UI melakukan kunjungan peningkatan kerjasama riset ke Middle East Technical University (METU), kampus Northern Cyprus. Delegasi yang terdiri dari Dr. Dede Djuhana, Dr. Chairul Hudaya dan Dr. Ahmad Gamal diterima oleh Prof. Murat Fahrioglu dan Prof. Onur Taylan (19/07/2017).

Pada pertemuan tersebut, presentasi pertama diberikan oleh Dr. Dede Djuhana yang menjelaskan mengenai profile UI dan DRPM UI secara umum, dilanjutkan oleh Dr. Ahmad Gamal yang mempresentasikan tentang proyek SMART CITY yang didanai oleh USAID-SHERA dan kemungkinan-kemungkinan kegiatan yang dapat dilakukan bersama, dan presentasi terakhir oleh Dr. Chairul Hudaya yang mengetengahkan hasil-hasil risetnya di bidang tenaga listrik dan energi terbarukan.

Selanjutnya Prof. Murat mempresentasikan kelompok risetnya yang terkait dengan pengembangan proyek-proyek energi terbarukan di kampus METU NCC, dimana saat ini 20%-40% kebutuhan energi listrik kampus dipenuhi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 1 MW yang diinstall di sekitar kampus. Prof. Onur selanjutnya mempresentasikan risetnya dibidang pemodelan sistem energi terbarukan untuk PLTS dan PLTB.

Pertemuan antara delegasi DRPM UI dengan para peneliti di METU NCC menghasilkan beberapa kesepahaman. Diantaranya, para peneliti di METU tertarik untuk mengikuti program yang ditawarkan dalam project SMART CITY USAID-SHERA dan bersedia menghubungkan para peneliti terkait dengan lingkup proyek tersebut. Kehadiran para peneliti dari METU di kampus UI diharapkan dapat membantu meningkatkan luaran publikasi ilmiah bertaraf internasional.

Pada hari Jumat 21 Juli 2017, Delegasi DRPM UI mengunjungi Istanbul Technical University (ITU) dan melakukan pertemuan di Gedung Rektorat ITU. Tim disambut oleh Prof. Murat Gul (Dean,Faculty of Architecture), Prof. Ismail Koyuncu (Director, Graduate School of Science, Engineering and Technology), Prof. Uner Colak (Director, Institute of Energy) dan pejabat International Office ITU, Ms. Merve Calimli (Coordinator, International Relations) dan Mrs. Fatma Cansiz.

Sepertihalnya pada kunjungan di universitas sebelumnya, delegasi DRPM UI mempresentasikan mengenai profile UI dan DRPM UI, proyek SMART CITY dan riset di bidang ketenagalistrikan dan energi. Pada pertemuan tersebut memiliki minat yang besar untuk melakukan kerjasama, terutama dalam membantu meningkatkan publikasi ilmiah. Terlebih saat ini ITU berencana memperluas kerjasama dengan negara-negara Asia Tenggara.

Gambar 3. Kunjungan delegasi DRPM UI ke Instambul Technical University (ITU), kampus Maslak Istanbul. Delegasi yang terdiri dari Dr. Dede Djuhana, Dr. Chairul Hudaya dan Dr. Ahmad Gamal diterima oleh Prof. Murat Gul (Dean,Faculty of Architecture), Prof. Ismail Koyuncu (Director, Graduate School of Science, Engineering and Technology), Prof. Uner Colak (Director, Institute of Energy) dan pejabat International Office ITU, Ms. Merve Calimli (Coordinator, International Relations) dan Mrs. Fatma Cansiz.

Partisipasi Direktur DRPM UI dalam Konferensi Ilmiah di Portugal

Direktur DRPM UI Prof. Heri Hermansyah menghadiri konferensi ilmiah pada the 4th International Conference on Energy and Environment Research di Porto, Portugal pada tanggal 16-22 Juli 2017. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Heri Hermansyah mempresentasikan 3 paper dengan judul sebagai berikut :

  1. Production of dry extract extracellular lipase from Aspergillus niger by solid state fermentation method to catalyze biodiesel synthesis (Tania Surya Utami, Ines Hariyani, Gandhi Alamsyah, Heri Hermansyah*)
  2. Effect of chitosan’s amino group in adsorption-crosslinking immobilization of lipase enzyme on resin to catalyze biodiesel synthesis (Gandhi Alamsyah, Vania Anisya Albels, Muhammad Sahlan, Heri Hermansyah)
  3. Production of α-Amylase and β-Glucosidase from Aspergillus niger by solid state fermentation method on biomass waste substrates from rice husk, bagasse and corn cob (Andi Aliyah, Gandhi Alamsyah, Rizky Ramadhani, Heri Hermansyah*)

Selain mempresentasikan makalahnya, Prof. Heri Hermansyah juga melakukan pembicaraan dengan para peneliti dari negara-negara lain, sekaligus untuk meningkatkan jejaring dengan para peneliti tersebut. Diantara para peneliti tersebut adalah Prof. Nidia Caetano (Department of Chemical Engineering Instituto Superior de Engenharia do Porto), Dr. Andrew Quinn (School of Engineering and Built Environment, Glasgow Caledonian University), Dr. Obuli P. Kartik (School of Marine & Tropical Biology, James Cook University), Dr. Hooman Farzaneh (Institute of Advanced Energy, Kyoto University), Prof. Xiaowei Zhai (School of Energy Engineering, Xi’an University of Science and Technology, Dr. Said Ould Amrouche (Center of Renewable Energy Development), Dr. Yong-woo Jeon (Director of Environmental Convergence Technology Center, Korea Testing Laboratory) dan Dr. Christelle Hatik (Waste Management Laboratory, University of Reunion Island).

Gambar 4. Direktur DRPM UI, Prof. Heri Hermansyah bertemu dengan para peneliti dari Portugal, Inggris, Turki, Algeria, Morocco, Iran, India, Korea, China dan Jepang. Diantaranya Prof. Nidia Caetano (Department of Chemical Engineering Instituto Superior de Engenharia do Porto), Dr. Andrew Quinn (School of Engineering and Built Environment, Glasgow Caledonian University), Dr. Obuli P. Kartik (School of Marine & Tropical Biology, James Cook University), Dr. Hooman Farzaneh (Institute of Advanced Energy, Kyoto University), Prof. Xiaowei Zhai (School of Energy Engineering, Xi’an University of Science and Technology, Dr. Said Ould Amrouche (Center of Renewable Energy Development), Dr. Yong-woo Jeon (Director of Environmental Convergence Technology Center, Korea Testing Laboratory) dan Dr. Christelle Hatik (Waste Management Laboratory, University of Reunion Island).