Laboratorium Preparasi

Laboratorium Preparasi

Laboratorium Preparasi ILRC Universitas Indonesia memiliki empat alat yang digunakan untuk melakukan proses pembuatan sampel, yaitu Freeze Dryer, Centrifugal Partition Chromatography (CPC), Anaerobic Chamber, dan PCR Real Time. Laboratorium ini didirikan untuk membantu perorangan atau instansi guna menyiapkan sampel sebelum kegiatan analisa.

 

Freeze Dryer Buchi Lyovapor™ L-300

Freeze Dryer yang dimiliki Laboratorium ILRC UI menggunakan Infinite-Technology™ , Lyovapor™ L-300 yang memungkinkan sublimasi secara kontinu untuk pertama kalinya dengan dua kondensor yang bekerja bergantian dan dibersihkan secara otomatis dan higienis pada suhu -105 °C. Freeze dryer ini dapat memproses semua bahan, kecuali sampel produk dengan kandungan minyak dan gula yang tinggi, produk yang membentuk kulit tahan air, produk  yang mengandung konsentrasi garam tinggi. Bahan bisa dalam bentuk cair seperti emulsi, dispersi atau padatan dengan ukuran besar.

 

Centrifugal Partition Chromatography (CPC)

Centrifugal Partition Chromatography (CPC) juga dikenal sebagai CounterCurrent Chromatography (CCC) merupakan teknik kromatografi cair-cair menggunakan medan sentifugal yang dibuat oleh Rotor untuk pemurnian skala preparatif dan industri. Alat ini dapat mengisolasi jumlah maksimum molekul tertentu pada tingkat kemurnian tinggi, dalam waktu singkat dan tanpa menggunakan kolom silika atau media pendukung lainnya.

 

 

Anaerobic Chamber 

Anaerobic Chamber yang dimiliki laboratorium ILRC UI dengan seri 855 Plas Labs Inc TM  digunakan untuk mengendalikan kandungan udara secara manual saat bekerja dengan bahan-bahan yang peka terhadap oksigen. Sangat baik untuk situasi yang membutuhkan tingkat oksigen rendah. Alat ini dapat meminimalkan masuknya oksigen ke dalam alat dengan cara menggantikan gas oksigen dengan gas inert apapun seperti CO2.

 

 

Formulir Permohonan Penggunaan Fasilitas Lab ILRC UI

FORMULIR SURVEY KEPUASAAN PENGGUNA JASA ALAT-ALAT LABORATORIUM DI GEDUNG ILRC UNIVERSITAS INDONESIA